Minggu, 25 Desember 2011

Indahnya Cagar Alam Nusa Barong Jember

Finroll.com-Jika Anda hendak berencana liburan atau pulang kampung ke Jawa Timur, cobalah mampir ke salah satu tempat wisata yang terletak di daeraj Jember, yakni Cagar Alam Nusa Barong.

Cagar Alam (Pulau) Nusa Barong ini terletak di kabupaten Jember dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan Australia.


Seperti diposting oleh Abhiebsd di kaskus.us, Nusa Barong ialah sebuah cagar alam sejak tahun 1920. Di pulau ini dapat ditemukan berbagai macam spesies flora dan fauna. Fungsi utama cagar alam ini adalah sebagai perlindungan Lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah.

Aneka macam flora yang ada di pulau ini adalahCalophyllum inophyllum, Sonneratia alba, Sterculia foetida, Terminalia catappa, Avicennia spp, Barringtonia spp, Alstonia spanthulatus, Alang-alang - Cylindrica imperata, Dillenia sp, Ficus amplas, Lumnitzera sp, Pleiornium sp, Rhizophora spp, dan Salah satu ancaman bagi cagar alam ini adalah penebangan kayu secara ilegal. Selain sebagai cagar alam.

Nusa Barong juga dikenal karena panoramanya yang indah, pantainya yang berpasir putih serta tebing-tebing yang tak kalah indahnya.

Untuk menuju ke Pulau ini sebelumnya Anda harus terlebih dulu melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Jember (180 Km) setelah sampai Jember kita melanjutkan perjalanan ke Desa Puger (35 Km) dan kembali melanjutkan perjalanan dengan perahu ke pulau Nusa Barong (4,5 Km). (Dng)


Sumber :
Daffa Pradhipta
http://www.finroll.com/baca/2717/Indahnya-Cagar-Alam-Nusa-Barong-Jember
18 Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar