Minggu, 25 Desember 2011

Cagar Alam Nusa Barong

Luas : 6.100 Hektar

Dasar : GB. Tanggal 11 Juli 19920 No. 46 Stbl 1920 No. 736 diperbaharui Surat Keputusan Menteri
Pertanian No. 110/ VIII/1957.

Letak Lokasi : 
Di perairan Samudera Indonesia, termasuk Desa Puger Kecamatan Puger, Daerah Tingkat II Kabupaten Jember.

Cara Mencapai Lokasi :


Surabaya  menuju Jember menggunakan mobil/bus sejauh 180 km
Jember menuju Desa Puger menggunakan mobil sejauh 35 km
Desa Puger menuju Cagar Alam Pulau Nusa Barong menggunakan perahu sejauh 4,5 km

Potensi

Flora
Jenis-jenis tumbuhan di kawasan Cagar Alam Nusa Barong yang diketahui sebanyak 46 jenis. Beberapa jenis. Beberapa jenis yang mudah dijumpai diantaranya Endog-endogan (Xanthophyiium excelsum), Klampok hutan (Eugenia sp), Bogem (brugeura sp), Kalak (Mitrophora javanica), Laban (Vitex pubesecens), Salakan (Palmae sp).

Fauna
Berbagai jenis satwa liar yang terdapat di kawasan Cagar Alam Nusa Barong diantaranya terdiri dari jenis-jenis mamalia, aves, reptil. Jenis Mamalia yang sering dijumpai yaitu Kera (Macaca fascicularis), Babi hutan (Sus scropa) dan Tupai (Scewius notakas). Jenis-jenis Burung antara lain Pecuk ular (Antinga rufa), Kuntul (Egrelta sp), Iblis hitam (Plenadis falsinallus), Elang (Elanus sp) dan Burung Rangkong (Aceros undulatus).

Panorama
Kawasan Cagar Alam Nusa Barong memiliki panorama alam berupa pantai pasir putih yang terdapat dibagian utara. Selain suasana alam pantai yang indah, di pantai ini sering didatangi Rusa (Cervus timorensis) bermain dipantai dan Kera (Macaca Fascicularis) yang mencari makan berupa siput dan ketam.

Keunikan
Berbagai jenis dan warna Terumbu Karang yang terdapat di perairan pantai kawasan Cagar Alam Nusa Barong merupakan salah satu keunikan dan ciri khas yang ada di kawasan ini, dan merupakan tantangan untuk penelitian biota laut.

Sumber :
http://www.dephut.go.id/informasi/propinsi/jatim/cagaralam_nusa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar